Pages

Thursday, June 4, 2009

Apakah Radiasi Ponsel Mengganggu Kesehatan Kita??

Semalam saya menonton acaranya Mas Tukul di "Bukan Empat Mata", di tengah acara tersebut ada sekilas berita tentang penggunaan Ponsel, ada info bahwa Radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan, gosip-gosipnya radiasi ponsel dapat menyebabkan tumor otak... waladalah.... serem amat ya....

Kita semua mengetahui, kemajuan teknologi di dunia "perponselan" Indonesia sangat pesat, hampir setiap orang di Indonesia memiliki apa yang namanya ponsel(HP), dari anak yang belum sekolah sampai orang yang mau meninggalpun punya ponsel (ibarat kata nich...., jangan marah ya...).

Kebutuhan akan komunikasi melalui ponsel dikalangan masyarakat Indonesia saat ini menurut saya tergolong kebutuhan kebutuhan primer, mengingat orang akan panik ketika meninggalkan rumahnya lupa bawa ponsel.... seolah-olah kerja tanpa semangat jika ponsel tertinggal dan lain sebagainya....

Info tersebut membuat saya penasaran, akhirnya saya cari informasi ditempatnya "Mbah Google" dan banyak sekali artikel tentang info bahaya dari radiasi ponsel, dari menyebabkan gangguan ngga bisa tidur (insomnia), mengganggu kesehatan anak, sampai pada isu dapat menyebabkan tumor otak.

Hasil penelitian membuktikan adanya dua penyebab terjadinya kasus tersebut. Yang pertama dituding adalah electromagnetic compatibility (EMC). Emisi energi dari ponsel memang dapat mengganggu peralatan elektronik, seperti alat pacu jantung dan alat bantu pendengaran. Kedua, gangguan datang dari electromagnetic radiation (EMR), yang diduga menyebabkan penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan di University of Washington, pada tahun 1996 menemukan bahwa EMR dalam bentuk energi gelombang mikro rendah (seperti yang dihasilkan ponsel) dapat merusak struktur DNA.

Memang saat ini saling adu argument antara peneliti dari perusahan perponselan dan peneliti kesehatan di dunia ini. WHO pun ngga bisa menyatakan secara nyata bahwa radiasi ponsel itu berbahaya secara signifikan.

Untuk lebih jelas dapat membaca di
1.
2.

No comments:

Post a Comment