Akhirnya jembatan SURAMADU (Surabaya-Madura) diresmikan oleh Bp. SBY Presiden RI, tepat pukul 11.00 WIB Presiden SBY menekan tombol sirene tanda diresmikannya Jembatan SURAMADU.
Jembatan Suramadu memiliki panjang 5.4 km dengan menelan biaya tidak kurang dari 4.5 triliun, Jembatan Suramadu dirancang akan tahan beban maksimal 10 ton. Lantas bagaimana dengan truk besar yang bebannya diperkirakan antara 30-40 ton?. 10 ton itu maksudnya beban dimasing-masing roda, kalau truk bebannya 40 ton dibagi empat roda berarti bebannya masing-masing 10 ton (oh begitu he..he...). Selain itu, jembatan ini juga dirancang untuk ketahanan minimal dapat digunakan sekitar 100 tahun.
Memang luar biasa dana yang dihabiskan untuk membangun jembatan ini, dikondisi krisis global ini, akhirnya selesai juga pembangunannya dan dapat digunakan untuk mempercepat arus barang dan jasa guna mempercepat ketertinggalan 4 kabupaten di pulau Madura yakni Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep yang notabene tertinggal dengan daerah lain di propinsi Surabaya.
Dengan beroperasinya Jembatan ini, hambatan-hambatan yang selama ini dikeluhkan oleh warga yang tinggal di madura dapat diatasi dengan lancarnya arus barang dan jasa dari dan ke madura yang nantinya memberikan efek meningkatnya kesejahteraan rakyat yang selama ini tinggal di pulau madura. Selain itu dengan beroperasinya jembatan ini sedikit banyak akan mengubah isolasi penduduk yang tinggal di madura yang terkenal dengan kultur kerasnya.
Banyak sekali manfaatnya dengan dibangunnya jembatan surabaya-madura ini daripada efek negatifnya, mengingat jembatan suramadu merupakan salah satu aset negara yang merupakan infrastruktur yang dapat menimbulkan efek yang luar biasa manfaatnya untuk kesejahteraan rakyat, namun perlu di ingat... ASAL DIKELOLA DENGAN BAIK, JUJUR, DAN SEMATA-MATA UNTUK KEPENTINGAN RAKYAT.
Wednesday, June 10, 2009
Jembatan Suramadu
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment