Pages

Monday, June 15, 2009

Musim Durian


Mau nulis apa ya hari ini???.... belum ada ide nich....., nulis musim durian aja ah...kan sekarang lagi musim durian dimana-mana.... buah ini enakkan??...Buah durian....oh buah durian....buah apaankah dikau ini???

Durian sering juga disebut duren merupakan tumbuhan tropik yang banyak tumbuh dan dijumpai dikawasan Asia Tenggara (kata wikipedia), buahnya juga disebut buah durian atau duren, yang memiliki ciri khas berduri dan aroma yang khas....

Banyak orang yang bilang ini adalah rajanya buah-buahan karena rasanya yang enak, ada juga yang bilang durian ini adalah buah dengan aroma yang busuk, (mungkin ini orang yang ga suka makan durian ato belum tau enaknya durian...he..he.. Pich ya...).

Durian banyak dipelihara orang karena buahnya yang enak dimakan dalam keadaan segar (paling enak rasanya:buahnya masak/matang di pohon dan jatuh langsung dech kita makan).

Pada saat musim panen durian tiba.... banyak sekali penjual musiman menggelar dagangan durian di sepanjang jalan dengan harga yang bervariasi.......(maklum buahnya melimpah). Bagi yang demen ama nich buah..hati-hati ya...jangan kebanyakan, ntar kepala nyut-nyuttan alias pusing....

Secara tradisional, daging buah durian yang berlebih-lebihan ini biasa diawetkan dengan memasaknya bersama gula menjadi dodol durian (biasanya sering orang bilang "lempok"), atau memfermentasikannya menjadi tempoyak. Selanjutnya, tempoyak yang rasanya masam ini biasa menjadi bahan masakan seperti sambal tempoyak, atau untuk campuran memasak ikan.

Durian pun sering juga diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Terkadang, durian dicampurkan dalam hidangan nasi ketan (pulut) bersama dengan santan. Dalam dunia masa kini, aroma durian biasa dicampurkan dalam gula-gula, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman lainnya (enaknya.....).

Mengingat aromanya yang khas dan menyengat.....buah ini terkadang dilarang untuk dimasukkan dalam kabin pesawat, dalam kendaraan umum dan sebagian hotel melarang tamunya membawa buah durian kedalam kamar.

3 comments:

  1. Durian...??? Wooow udah lama gak makan nih buah. Jadi inget kampung halaman (JAMBI). Apalagi kalo lagi musimnya... Waaah bisa sampe mabok-mabok. Maklum cuma 5000 per buah.

    Salam Kenal

    ReplyDelete
  2. Jambi..wow..emang tempatnya buah durian..dulu waktu aku msh di disumatera tepatnya antara perbatasan jambi-sumbar aku gak pernah beli..cukup nungguin aja dibawah pohon..wah pokoknya asyik banget dech..!
    Sobat jambi tepatnya dimana?
    Aku dulu jg pernah tinggal di Kuamang Kuning Unit.3

    ReplyDelete
  3. Sobat...Aku skrg di bengkalis...dulu aku cuma mampir di jambi pas musim durian...ini aku di Bengkalis juga lg musim durian...tinggal nungguin buah jatuh aja kalo pengen makan...

    ReplyDelete